STRATEGI KOMUNIKASI TVONE DALAM MERAIH KEPERCAYAAN PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.61721/pendis.v1i3.74Abstract
Penelitian ini dilakukan pada tvOne Sumatera Utara untuk meneliti Strategi Komunikasi TvOne Sumut Meraih Kepercayaan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi komunikasi yang digunakan tvOne Sumut dalam meraih kepercayaan publik, (2) mengetahui strategi perusahaan TvOne Sumut dalam menjalankan evaliasi program kerja, dan (3) mengetahui tantangan yang dihadapi Perusahaan TvOne Sumut saat sudah mendapatkan kepercayaan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teori analisis S-O-R (Stimulus-Organisme-Respons) yang ditemukan oleh Hovland. Adapun Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, yaitu: (1) strategi komunikasi yang digunakan tvOne untuk mempertahankan kepercayaan publik, yaitu menjadikan berita sebagai alat penyampai aspirasi masyarakat, informasi yang disampaikan tidak menimbulkan polemik, sesuai dengan kaidah jurnalistik, dan bersifat berimbang; (2) strategi yang digunakan perusahaan tvOne dalam menjalankan evaluasi program kerja, yaitu: berjenis evaluasi monitoring, yaitu evaluasi dan monitoring yang dilakukan secara rutin, memonitoring dari pusat ke biro nasional, lalu dari biro nasional ke tiap-tiap daerah per pulaunya, dan difokuskan memonitoring kesalahan-kesalahan; (3) tantangan yang dihadapi tvOne saat telah dapat kepercayaan publik adalah menyediakan kemudahan dan fleksibilitas bagi pemirsa, yaitu menyediakan platform berupa media online yang bisa berfungsi banyak, namun tenaga pekerjanya tidak bertambah.








