PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis <p>Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial is one of the journals managed by the Insan Cipta Medan Foundation.Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial provides opportunities for every academic (both lecturers, teachers, students and other researchers) who will publish their best writings. In general, this journal contains various scientific discussions on research and social science education, both conceptual and research results. Writings to be published must go through procedures that have been agreed upon by the management of Jurnal Pendis so that the resulting articles have good results and impacts on the world of education. Jurnal Pendis is published three times a year (April, August, and December), so it is expected to accommodate more articles that are expected to contribute to the development of science, especially in the field of social science education.</p> en-US toniandrionasution@gmail.com (Toni Nasution, M.Pd) gumarpi19@gmail.com (Gumarpi Rahis Pasaribu) Fri, 25 Apr 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 FILSAFAT ILMU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/401 <p>Filsafat ilmu merupakan kajian mendasar dalam memahami hakikat dan sumber ilmu pengetahuan. Dalam perspektif pendidikan Islam, filsafat ilmu tidak hanya berfungsi untuk mengeksplorasi pengetahuan ilmiah secara rasional, tetapi juga untuk menghubungkan pengetahuan tersebut dengan nilai-nilai keagamaan yang berasal dari wahyu. Pendidikan Islam memandang ilmu sebagai sarana untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep-konsep utama dalam filsafat ilmu, termasuk epistemologi, ontologi, dan aksiologi, serta relevansinya dengan pendidikan Islam. Lebih lanjut, artikel ini menyoroti peran integrasi antara ilmu pengetahuan dan ajaran Islam dalam membentuk individu yang berakhlak mulia dan memiliki wawasan luas.</p> Dewi Wijayanti, Sugianti Copyright (c) 2025 PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/401 Thu, 24 Apr 2025 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS PROJECT-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/403 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan literasi digital dan kreativitas siswa sekolah dasar berdasarkan hasil kajian literatur dari penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis, PjBL terbukti mampu meningkatkan literasi digital siswa melalui integrasi teknologi dalam proyek pembelajaran. Selain itu, PjBL memberikan ruang untuk pengembangan kreativitas melalui aktivitas kolaboratif, pemecahan masalah, dan eksplorasi ide. Artikel ini merangkum temuan-temuan utama dari berbagai literatur, memberikan wawasan tentang keunggulan PjBL dalam membangun keterampilan abad ke-21 pada siswa sekolah dasar.</p> Lovita Marcheilla, Winda Oktaviana, Berta Oriyani Copyright (c) 2025 PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/403 Thu, 24 Apr 2025 00:00:00 +0700 PERANAN FILSAFAT ILMU DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/402 <p>Filsafat ilmu memiliki peran strategis dalam memberikan dasar normatif, epistemologis, dan aksiologis bagi pendidikan berbasis nilai-nilai Pancasila. Artikel ini mengupas peranan filsafat ilmu dalam pendidikan Pancasila di tingkat Sekolah Dasar, dengan menyoroti pentingnya pengembangan karakter dan moral siswa dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Nilai-nilai Pancasila, seperti keadilan, persatuan, dan kemanusiaan, tidak hanya diajarkan sebagai doktrin tetapi juga diterapkan melalui pendekatan ilmiah dan praktis yang relevan dengan kehidupan siswa. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang memanfaatkan data dari jurnal nasional dan internasional, buku referensi, serta hasil penelitian terdahulu. Pendekatan deskriptif<br>analitis digunakan untuk menyusun gagasan tentang bagaimana filsafat ilmu dapat menjadi kerangka berpikir dalam pembelajaran Pancasila. Analisis ini menunjukkan bahwa filsafat ilmu membantu menjelaskan nilai-nilai Pancasila secara logis, sehingga siswa tidak hanya menerima nilai-nilai tersebut tetapi juga mampu menganalisis dan menginternalisasikannya dalam perilaku sehari-hari. Hasil kajian ini menegaskan bahwa penerapan filsafat ilmu dalam pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar berpotensi besar untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga bermoral dan berjiwa nasionalis. Dengan internalisasi nilai-nilai Pancasila sejak dini, siswa diharapkan mampu menghadapi tantangan global tanpa kehilangan identitas sebagai bagian dari bangsa Indonesia.</p> Fitri Pratiwi Futri, Rahma Susanti, Aprilia Nursanti Copyright (c) 2025 PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/402 Thu, 24 Apr 2025 00:00:00 +0700 MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL DAN ETIKA DALAM PELAJARAN PPKN PADA SISWA SEKOLAH DASAR https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/420 <p>Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika pada siswa sekolah dasar. Melalui pembelajaran PPKN, siswa tidak hanya diajarkan tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga mengenai nilai-nilai luhur yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode dan strategi yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai tersebut dalam konteks PPKN, serta dampaknya terhadap karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai moral dalam pembelajaran PPKN dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari siswa.</p> Trisya Damayanti, Ika Kartika Sari, Ade Bagus Putri Copyright (c) 2025 PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/420 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0700 TRADISI MANGALAP BORU https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/508 <p>Tradisi Mangalap Boru merupakan salah satu aspek budaya yang hidup dalam masyarakat Batak, khususnya dalam upacara adat perkawinan. Tradisi ini melibatkan pemberian gelar "boru" (putri) kepada perempuan yang telah menikah sebagai simbol penerimaan dan pengakuan dari pihak keluarga suami. Mangalap Boru tidak hanya sekadar prosesi seremonial, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai sosial, kekeluargaan, serta penghormatan terhadap adat istiadat. Artikel ini mengkaji makna dan peran tradisi Mangalap Boru dalam kehidupan sosial masyarakat Batak, serta bagaimana tradisi ini mempertahankan relevansinya di tengah perubahan zaman. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur dan wawancara dengan tokoh adat setempat untuk menggali pemahaman yang lebih dalam mengenai implementasi dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tradisi ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Mangalap Boru memiliki fungsi penting dalam mempererat hubungan antar keluarga, sekaligus menjadi sarana untuk menjaga kelestarian budaya Batak. Meskipun menghadapi modernisasi, tradisi ini masih dipraktikkan dengan berbagai penyesuaian, mencerminkan dinamika budaya yang tetap relevan dalam konteks kekinian.</p> Nuriza Dora, Putri Wahyuni, Rizqy Amallia Harahap, Salva Khairani Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/pendis/article/view/508 Mon, 21 Apr 2025 00:00:00 +0700