Kemampuan Mengenal Huruf Penerapan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Yayasan Perguruan Pelita Jl. Suasana Pasar 3 Mabar Hilir Kec. Medan Deli

Penerapan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Yayasan Perguruan Pelita Jl. Suasana Pasar 3 Mabar Hilir Kec. Medan Deli

Authors

  • Nikita Media Alumni Prodi PIAUD STAI S Al-Hikmah Medan, Jl. Ksatria Medan Pahlawan

Keywords:

kemampuan mengenal huruf

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam di Yayasan Perguruan
Pelita Jl. Suasana Pasar 3 Mabar Hilir Kec. Medan Delipada
kelompok A dengan jumlah 15 Anak, terdiri dari 6 orang anak
perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Tujuan penelitian ini
adalah untuk kemampuan berbahasa anak, terdiri dari
kemampuan anak dalam mendengar huruf, kemampuan anak
dalam mengucapkan huruf, dan kemampuan anak dalam
mengekspresikan huruf. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak
tiga siklus. Untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah penelitian
tindakan kelas dilakukan sampai siklus III, diperoleh hasil
bahwa kemampuan anak menyimak kata-kata berkembang
sesuai harapan 33%, berkembang sangat baik 66,66%.
Kemampuan anak mengucapkan huruf berkembang sesuai
harapan 33,33%, berkembang sangat baik 46,66%.
Kemampuan anak mengekspresikan huruf berkembang sesuai
harapan sebesar 40%, berkembang sangat baik 46,66%. Total
ketuntasan belajar anak sebesar 88,88%, hal ini jauh
meningkat jika dibandingkan dengan pra siklus 33,33%, Siklus
I 46,66% dan siklus II 66,66%. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa, kemampuan mengenal huruf anak dapat
meningkat setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan
mengggunakan media audio visual dengan tingkat ketuntasan
sebesar 88,88%.

Published

2022-08-16