https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/issue/feed JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship 2022-08-16T22:40:14+07:00 Gumarpi Rahis Pasaribu jidar488@gmail.com Open Journal Systems <p>JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik and Relationship</p> https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/63 Hasil Belajar Hubungan Kemampuan Guru Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTs Yayasan Pembangunan Didikan Islam 2022-08-16T21:44:28+07:00 Humaidah Humaidah humaidah@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di MTs YAPDI Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di MTs YAPDI Medan? Adapun hipotesis penelitian adalah; Ada hubungan keterampilan guru mengelola kelas dengan hasil belajar siswa MTs YAPDI Medan.</p> <p>Sesuai dengan tujuan penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kela VIII MTs YAPDI Medan berjumlah 31 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik <em>total sampling. </em>Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data adalah menggunakan rumus <em>Correlation Product Momment. </em></p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: &nbsp;1) Skor untuk variabel Keterampilan guru dalam mengelola kelas diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,90, median sebesar 85,00, mode sebesar 79, sd. Sebesar 6,804, variance 46,290, minimum 66, maksimum 94, dan skor total sesear 2601. Untuk variabel Hasil belajar skor rata-rata sebesar 99,84, median 103,00, mode sebesar 112, sd sebesar 13,926, varian sebesar 193,940, range 47, minimum 70, maksimum 117, dan skor total sebesar 3095. 2) Sebanyak 8 orang siswa atau 12,12% memperoleh skor pada kategori rata-rata, sebanyak 10 orang siswa atau 15,15% siswa memperoleh skor di atas rata-rata, dan sebanyak 13 orang siswa atau 41,93% siswa memperoleh skor di bawah rata-rata. 3) Sebanyak 6 orang atau 9,09% siswa memperoleh skor pada kategori rata-rata, sebanyak 14 orang siswa atau 21,21% siswa memperoleh skor di atas rata-rata, dan sebanyak 11 orang siswa atau 35,48% siswa memperoleh skor di bawah rata-rata. 4) Ada hubungan antara Keterampilan mengelola kelas dengan Hasil belajar siswa di MTs YAPDI sebesar 0,567 dengan signifikansi 0,000.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/61 Kepercayaan Diri Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Interaksi Sosial Siswa MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan 2022-08-16T21:31:52+07:00 Williana Rumenda willianarumenda@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh<br>layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi <br>sosial pada siswa berkepribadian introvert di MTs Ali Imron <br>Bandar Selamat Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas <br>VIII yang terdiri dari 4 kelas dan sampel dalam penelitian ini <br>sebanyak 12 siswa.<br>Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini <br>adalah pendekatan kuantitatif, dengan sampel yang terpilih <br>berdasarkan kriteria siswa yang berkepribadian introvert. <br>Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang diberikan <br>kepada siswa meliputi angket kepribadian introvert dan angket <br>kemampuan interaksi sosial. Sebelum pengujian hipotesis, <br>terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari <br>pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi <br>yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. <br>Dari analisis angket kepribadian introvert diperoleh nilai ratarata pretest 37,91 dan simpangan baku pretest 6,05 <br>sedangkan nilai rata-rata postest 45,83 dan simpangan baku <br>posttest 7,85. Pada angket kemampuan interaksi sosial <br>diperoleh nilai rata-rata pretest 54,66 dan simpangan baku <br>pretest 3,96 sedangkan nilai rata-rata posttest 67,91 dan <br>simpangan baku posttest 6,52.<br>Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh <br>pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan <br>kemampuan interaksi sosial pada siswa berkepribadian <br>introvert di MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/59 Komunikasi Interprsonal Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Mas PAB 1 Sampali 2022-08-16T21:22:54+07:00 Satrizal Satrizal satrizal@gmail.com <p>Manusia mempunyai naluri untuk berkelompok atau <br>berkawan dengan manusia lain. Dalam kelompok tersebut <br>manusia dituntut dapat berkomunikasi dengan orang lain agar <br>tidak terisolasi dari pergaulan dilingkungannya. Komunikasi <br>antarpribadi yang baik dalam lingkungan sekolah siswa <br>berperan besar dalam membantu optimalisasi potensi siswa, <br>dan dapat digunakan sebagai sarana dalam membantu siswa <br>mengatasi permasalahan yang muncul yang mengganggu <br>kehidupan efektif sehari-harinya.<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan <br>layanan bimbingan kelompok di sekolah, untuk memahami <br>hambatan-hambatan dalam komunikasi antarpribadi dan <br>mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam <br>meningkatkan prilaku komunikasi antarpribadi siswa MAS PAB <br>1 Sampali.<br>Adapun sebagai subjek dalam penelitian ini adalah <br>siswa MAS PAB 1 Sampali. Jenis penelitian ini adalah <br>penelitian kualitatif yaitu meneliti keefektifan layanan <br>bimbingan kelompok dalam meningkatkan prilaku komunikasi <br>antarpribadi siswa MAS PAB 1 Sampali.<br>Setelah melakukan penelitian tentang komunikasi <br>antarpribadi siswa bahwa Untuk mengatasi berbagai masalah <br>pada diri siswa terutama permasalahan komunikasi <br>antarpribadi siswa dapat dilakukan dengan melaksanakan <br>layanan bimbingan kelompok. dengan bimbingan kelompok <br>siswa dapat saling berinteraksi dengan teman-temannya, <br>untuk melatih kemampuan komunikasi antarpribadi mereka <br>sehingga komunikasi antarpribadinya menjadi efektif dan dapat <br>bermanfaat bagi dirinya.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/66 Kemampuan Bahasa Anak Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi Di Ra Binayah Jl. Klambir Lima No. 63 Kel. Tg. Gusta Kec. Sunggal 2022-08-16T22:01:50+07:00 Nita Herlina nitaherlina@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. <br>Penelitian ini dilaksanakan di Ra Binayah Jl. Klambir Lima No. <br>63 Kel. Tg. Gusta Kec. Sunggalpada kelompok A dengan <br>jumlah 15 Anak, terdiri dari 6 orang anak perempuan dan 9 <br>orang anak laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk <br>kemampuan berbahasa anak, terdiri dari kemampuan anak <br>dalam mendengar kata-kata, kemampuan anak dalam <br>mengucapkan kata-kata, dan kemampuan anak dalam <br>mengekspresikan kata-kata. Penelitian ini dilaksanakan <br>sebanyak tiga siklus. Untuk setiap siklus terdiri dari <br>perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah <br>penelitian tindakan kelas dilakukan sampai siklus III, diperoleh <br>hasil bahwa kemampuan anak menyimak kata-kata <br>berkembang sesuai harapan 33%, berkembang sangat baik<br>66,66%. Kemampuan anak mengucapkan kata-kata<br>berkembang sesuai harapan 33,33%, berkembang sangat baik <br>46,66%. Kemampuan anak mengekspresikan kata-kata<br>berkembang sesuai harapan sebesar 40%, berkembang <br>sangat baik 46,66%. Total ketuntasan belajar anak sebesar <br>88,88%, hal ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan pra <br>siklus 33,33%, Siklus I 46,66% dan siklus II 66,66%. Dengan <br>demikian, dapat disimpulkan bahwa, kemampuan mengenal <br>kata-kata anak dapat meningkat setelah dilaksanakan proses <br>pembelajaran dengan mengggunakan metode bernyanyi<br>dengan tingkat ketuntasan sebesar 88,88%.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/64 Kesejahteraan Petani Peran Balai Penyuluhan Pertanian dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang 2022-08-16T21:53:41+07:00 Alfi Zikri Nasution alfizikrinasution@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui 1) Bagaimana peran balai penyuluhan pertanian dalam meningkatkan pengetahuan petani Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang? 2) Keterampilan apa yang diberikan balai penyuluhan pertanian kepada petani Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang? 3) Apa saja bantuan alat dan bahan yang diberikan balai penyuluhan pertanian kepada petani Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang?</p> <p>Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah para petani di Kec. Batang Kuis, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: Balai penyuluhan pertanian ini melakukan penyuluhan terhadap para petani Kecamatan Batang Kuis melalui empat cara penyaluran yaitu: <em>Pertama, </em>Anjangsama/<em>dor to dor</em>; <em>Kedua, </em>Melalui pertemuan kelompok, jumlah petani di setiap desa di Kecamatan Batang Kuis ini terdiri dari 11 kelompok petani yang masing-masing desa terdiri dari satu kelompok tani; <em>Ketiga, </em>melalui pengumuman, yaitu berupa selebara-selebaran yang ditempel untuk menjelaskan cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas panen para petani; <em>Keempat, </em>melalui demon masal.Adapun dalam meningkatkan kualitas para petani, Badan Penyuluhan Pertanian memberikan keterampilan untuk masyarakat agar dapat bercocok tanam dengan hasil yang maksimal seperti cara pembasmian hama yang mana hama tersebut dapat merusak tanaman para petani jika tidak dilakukan pembasmian dan lain-lain yang berhubungan dengan peningkatan pertanian. Kemudian, balai penyluhan pertanian juga memberikan bantuan berupa bibit bersertifikat, pupuk, dan mesin panen kepada petani Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Sasaran penyuluhan pertanian sebagai pengguna teknologi terdepan di bidang pertanian akan tercapat apabila adanya kesepahaman, keterpaduan dan kerjasama yang baik, sehingga masalah, kendala dan hambatan yang timbul baik faktor teknis, sosial maupun ekonomi dapat ditanggulangi secara bersama sama dengan baik.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/62 Kepercayaan Diri Pengaruh Layanan Konseling Individu Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MAS PAB 1 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan 2022-08-16T21:35:10+07:00 Depita Depita depita@gmail.com <p>Konsep diri dan kepercayaan diri dua hal yang perlu <br>dimiliki siswa untuk dapat belajar dan berinteraksi dengan baik <br>di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <br>layanan konseling individu terhadap kepercayaan diri siswa <br>MAS PAB 1 Sampali. <br>Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, subjek <br>penelitisn adalah kepala sekolah, guru BK, dan siswa. Teknik<br>pengambilan data yang digunakan observasi, wawancara, dan <br>dokumentasi. Teknik analissi data yang digunakan reduksi <br>data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.<br>Hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan sebagai <br>berikut: 1) Penerapan layanan konseling individu kepada <br>beberapa siswa terkait dengan pembentukan konsep diri <br>positif siswa menunjukkan hasil positif, dimana siswa lebih <br>mampu untuk memahami keadaan diri, kemampuan diri, dan <br>mengembangkan sikap positif dalam diri untuk keberhasilan <br>melakukan aktivitas sosial, 2) Siswa MAS PAB 1 Sampali <br>memiliki konsep diri dan kepercayaan diri yang positif yang <br>dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam menyadari siapa <br>dirinya, mengobservasi diri dalam setiap tindakan serta <br>mampu mengevaluasi setiap tindakan sehingga mengerti dan <br>memahami tingkah laku yang dapat diterima oleh lingkungan <br>sosialnya. 3) Guru BK MAS PAB 1 Sampali melaksanakan <br>layanan bimbingan dan konseling di sekolah dan melalui <br>layanan Konseling Individu serta bimbingan pribadi dan sosial <br>berhasil membentuk dan mengembangkan konsep diri positif <br>dan kepercayaan diri tinggi siswa MAS PAB 1 Sampali.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/60 Keterampilan Berkomunikasi Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa di Kelas IX MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan 2022-08-16T21:27:39+07:00 Natri Andriani netriandriani@gmail.com <p>Manusia mempunyai naluri untuk berkelompok atau <br>berkawan dengan manusia lain. Dalam kelompok tersebut <br>manusia dituntut dapat berkomunikasi dengan orang lain agar <br>tidak terisolasi dari pergaulan dilingkungannya. Komunikasi <br>antarpribadi yang baik dalam lingkungan sekolah siswa <br>berperan besar dalam membantu optimalisasi potensi siswa, <br>dan dapat digunakan sebagai sarana dalam membantu siswa <br>mengatasi permasalahan yang muncul yang mengganggu <br>kehidupan efektif sehari-harinya.<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan <br>layanan bimbingan kelompok di sekolah, untuk memahami <br>hambatan-hambatan dalam komunikasi antarpribadi dan <br>mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam <br>meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa mTs Ali <br>Imron Bandar Selamat Medan.<br>Adapun sebagai subjek dalam penelitian ini adalah <br>siswa MTs Ali Imron Bandra Selamat Medan. Jenis penelitian <br>ini adalah penelitian kualitatif yaitu meneliti keefektifan layanan <br>bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan <br>berkomunikasi siswa MTs Ali Imron Bandra Selamat Medan.<br>Setelah melakukan penelitian tentang komunikasi <br>antarpribadi siswa bahwa Untuk mengatasi berbagai masalah <br>pada diri siswa terutama permasalahan komunikasi <br>antarpribadi siswa dapat dilakukan dengan melaksanakan <br>layanan bimbingan kelompok. dengan bimbingan kelompok <br>siswa dapat saling berinteraksi dengan teman-temannya, <br>untuk melatih kemampuan komunikasi antarpribadi mereka <br>sehingga komunikasi antarpribadinya menjadi efektif dan dapat <br>bermanfaat bagi dirinya.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/67 Perkembangan Bahasa Anak Perkembangan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Tk Islam Karya Bunda Jl. Vetpur Utama No. 77 Medan Estate 2022-08-16T22:05:18+07:00 Lailan Khairani lailankhairani@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.<br>Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam di TK Karya Bunda Jl. <br>Vetpur Utama No. 77 Medan Estate pada kelompok A dengan <br>jumlah 15 Anak, terdiri dari 6 orang anak perempuan dan 9 <br>orang anak laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk <br>kemampuan berbahasa anak, terdiri dari kemampuan anak <br>dalam mendengar kata-kata, kemampuan anak dalam <br>mengucapkan kata-kata, dan kemampuan anak dalam <br>mengekspresikan kata-kata. Penelitian ini dilaksanakan <br>sebanyak tiga siklus. Untuk setiap siklus terdiri dari <br>perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah <br>penelitian tindakan kelas dilakukan sampai siklus III, diperoleh <br>hasil bahwa kemampuan anak menyimak kata-kata <br>berkembang sesuai harapan 33%, berkembang sangat baik <br>66,66%. Kemampuan anak mengucapkan kata-kata <br>berkembang sesuai harapan 33,33%, berkembang sangat baik <br>46,66%. Kemampuan anak mengekspresikan kata-kata <br>berkembang sesuai harapan sebesar 40%, berkembang <br>sangat baik 46,66%. Total ketuntasan belajar anak sebesar <br>88,88%, hal ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan pra <br>siklus 33,33%, Siklus I 46,66% dan siklus II 66,66%. Dengan <br>demikian, dapat disimpulkan bahwa, kemampuan berbahasa <br>anak dapat meningkat setelah dilaksanakan proses <br>pembelajaran dengan mengggunakan metode bernyanyi <br>dengan tingkat ketuntasan sebesar 88,88%.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/58 Peran Tokh Peranan Tokoh Agama dalam Meminimalisir Tradisi Minum Tuak Masyarakat di Kec. Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas 2022-08-16T21:16:56+07:00 Abdul Rahman Hasibuan abdulrahmanhasibuan@gmail.com <p>Penduduk Kec. Ulu Barumun Kab. Padang Lawas <br>merupakan masyarakat muslim 100% yang mengintergrasikan <br>nilai-nilai adat dalihan natolu dan ajaran Islam dalam <br>kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk <br>mengetahui peran tokoh agama dalam meminimalisir traidisi <br>minum tuak pada masyarakat di Kec. Ulu Barumun Kab. <br>Padang Lawas. Metode penelitian yang digunakan adalah <br>kualitatif dengan desain studi pustaka dan studi fenomenologi. <br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor yang <br>menyebabkan seseorang minum khomar adalah rendahnya <br>nilai religius, rendahnya taraf pendidikan, faktor lingkungan, <br>dan faktor kebiasaan, 2) tanggapan masyarakat terhadap <br>tradisi munum tuak adalah, sebagian tidak peduli, sebagian <br>mengambil manfaat, sebagian resah, dan sebagian melarang, <br>3) peran tokoh agama dalam menimimalisir tradisi minum tuak <br>adalah melalui, ceramah, komunikasi pada orangtua, <br>komunikasi persuasif pada pedagang, dan kerjasama dengan <br>pihak terkait. Dapat disimpulkan bahwa peran yang diambil <br>oleh totoh agama efektif dalam meminimalisir tradisi minum <br>khomar, hanya perlu ditingkatkan dengan intensitas dan <br>disertai dengan do’a</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jidar/article/view/65 Kemampuan Mengenal Huruf Penerapan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Yayasan Perguruan Pelita Jl. Suasana Pasar 3 Mabar Hilir Kec. Medan Deli 2022-08-16T21:58:07+07:00 Nikita Media nikitamedi@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. <br>Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam di Yayasan Perguruan <br>Pelita Jl. Suasana Pasar 3 Mabar Hilir Kec. Medan Delipada <br>kelompok A dengan jumlah 15 Anak, terdiri dari 6 orang anak <br>perempuan dan 9 orang anak laki-laki. Tujuan penelitian ini <br>adalah untuk kemampuan berbahasa anak, terdiri dari <br>kemampuan anak dalam mendengar huruf, kemampuan anak <br>dalam mengucapkan huruf, dan kemampuan anak dalam <br>mengekspresikan huruf. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak <br>tiga siklus. Untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, <br>pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah penelitian <br>tindakan kelas dilakukan sampai siklus III, diperoleh hasil <br>bahwa kemampuan anak menyimak kata-kata berkembang <br>sesuai harapan 33%, berkembang sangat baik 66,66%. <br>Kemampuan anak mengucapkan huruf berkembang sesuai <br>harapan 33,33%, berkembang sangat baik 46,66%. <br>Kemampuan anak mengekspresikan huruf berkembang sesuai <br>harapan sebesar 40%, berkembang sangat baik 46,66%. Total <br>ketuntasan belajar anak sebesar 88,88%, hal ini jauh <br>meningkat jika dibandingkan dengan pra siklus 33,33%, Siklus <br>I 46,66% dan siklus II 66,66%. Dengan demikian, dapat <br>disimpulkan bahwa, kemampuan mengenal huruf anak dapat <br>meningkat setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan <br>mengggunakan media audio visual dengan tingkat ketuntasan<br>sebesar 88,88%.</p> 2022-08-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 JIDAR: Jurnal Ilmiah Dakwah Akademik dan Relationship