Hasil Belajar Hubungan Kemampuan Guru Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTs Yayasan Pembangunan Didikan Islam

Hubungan Kemampuan Guru Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII MTs Yayasan Pembangunan Didikan Islam

Authors

  • Humaidah Humaidah Alumni Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate

Keywords:

keterampilan mengelola kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di MTs YAPDI Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di MTs YAPDI Medan? Adapun hipotesis penelitian adalah; Ada hubungan keterampilan guru mengelola kelas dengan hasil belajar siswa MTs YAPDI Medan.

Sesuai dengan tujuan penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kela VIII MTs YAPDI Medan berjumlah 31 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data adalah menggunakan rumus Correlation Product Momment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) Skor untuk variabel Keterampilan guru dalam mengelola kelas diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,90, median sebesar 85,00, mode sebesar 79, sd. Sebesar 6,804, variance 46,290, minimum 66, maksimum 94, dan skor total sesear 2601. Untuk variabel Hasil belajar skor rata-rata sebesar 99,84, median 103,00, mode sebesar 112, sd sebesar 13,926, varian sebesar 193,940, range 47, minimum 70, maksimum 117, dan skor total sebesar 3095. 2) Sebanyak 8 orang siswa atau 12,12% memperoleh skor pada kategori rata-rata, sebanyak 10 orang siswa atau 15,15% siswa memperoleh skor di atas rata-rata, dan sebanyak 13 orang siswa atau 41,93% siswa memperoleh skor di bawah rata-rata. 3) Sebanyak 6 orang atau 9,09% siswa memperoleh skor pada kategori rata-rata, sebanyak 14 orang siswa atau 21,21% siswa memperoleh skor di atas rata-rata, dan sebanyak 11 orang siswa atau 35,48% siswa memperoleh skor di bawah rata-rata. 4) Ada hubungan antara Keterampilan mengelola kelas dengan Hasil belajar siswa di MTs YAPDI sebesar 0,567 dengan signifikansi 0,000.

Published

2022-08-16