Kepercayaan Diri Pengaruh Layanan Konseling Individu Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MAS PAB 1 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan

Pengaruh Layanan Konseling Individu Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MAS PAB 1 Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan

Authors

  • Depita Depita Alumni STAIS Al-Hikmah Medan, Jl. Ksatria Kelurahan Pahlawan, Medan

Keywords:

konseling individu

Abstract

Konsep diri dan kepercayaan diri dua hal yang perlu
dimiliki siswa untuk dapat belajar dan berinteraksi dengan baik
di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
layanan konseling individu terhadap kepercayaan diri siswa
MAS PAB 1 Sampali.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, subjek
penelitisn adalah kepala sekolah, guru BK, dan siswa. Teknik
pengambilan data yang digunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analissi data yang digunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan sebagai
berikut: 1) Penerapan layanan konseling individu kepada
beberapa siswa terkait dengan pembentukan konsep diri
positif siswa menunjukkan hasil positif, dimana siswa lebih
mampu untuk memahami keadaan diri, kemampuan diri, dan
mengembangkan sikap positif dalam diri untuk keberhasilan
melakukan aktivitas sosial, 2) Siswa MAS PAB 1 Sampali
memiliki konsep diri dan kepercayaan diri yang positif yang
dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam menyadari siapa
dirinya, mengobservasi diri dalam setiap tindakan serta
mampu mengevaluasi setiap tindakan sehingga mengerti dan
memahami tingkah laku yang dapat diterima oleh lingkungan
sosialnya. 3) Guru BK MAS PAB 1 Sampali melaksanakan
layanan bimbingan dan konseling di sekolah dan melalui
layanan Konseling Individu serta bimbingan pribadi dan sosial
berhasil membentuk dan mengembangkan konsep diri positif
dan kepercayaan diri tinggi siswa MAS PAB 1 Sampali.

Published

2022-08-16