Kepercayaan Diri Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Interaksi Sosial Siswa MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan

Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Interaksi Sosial Siswa MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan

Authors

  • Williana Rumenda Alumni STIS Al-Hikmah Medan, Jl. Ksatria Kelurahan Pahlawan, Medan

Keywords:

kepercayaan diri, interaksi sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi
sosial pada siswa berkepribadian introvert di MTs Ali Imron
Bandar Selamat Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas
VIII yang terdiri dari 4 kelas dan sampel dalam penelitian ini
sebanyak 12 siswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kuantitatif, dengan sampel yang terpilih
berdasarkan kriteria siswa yang berkepribadian introvert.
Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang diberikan
kepada siswa meliputi angket kepribadian introvert dan angket
kemampuan interaksi sosial. Sebelum pengujian hipotesis,
terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari
pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi
yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal.
Dari analisis angket kepribadian introvert diperoleh nilai ratarata pretest 37,91 dan simpangan baku pretest 6,05
sedangkan nilai rata-rata postest 45,83 dan simpangan baku
posttest 7,85. Pada angket kemampuan interaksi sosial
diperoleh nilai rata-rata pretest 54,66 dan simpangan baku
pretest 3,96 sedangkan nilai rata-rata posttest 67,91 dan
simpangan baku posttest 6,52.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan
kemampuan interaksi sosial pada siswa berkepribadian
introvert di MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan.

Published

2022-08-16