Kemampuan Bahasa Anak Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi Di Ra Binayah Jl. Klambir Lima No. 63 Kel. Tg. Gusta Kec. Sunggal

Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi Di Ra Binayah Jl. Klambir Lima No. 63 Kel. Tg. Gusta Kec. Sunggal

Authors

  • Nita Herlina Alumni Prodi PIAUD STAI S Al-Hikmah Medan, Jl. Ksatria Medan Pahlawan

Keywords:

kemampuan bahasa anak

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian ini dilaksanakan di Ra Binayah Jl. Klambir Lima No.
63 Kel. Tg. Gusta Kec. Sunggalpada kelompok A dengan
jumlah 15 Anak, terdiri dari 6 orang anak perempuan dan 9
orang anak laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk
kemampuan berbahasa anak, terdiri dari kemampuan anak
dalam mendengar kata-kata, kemampuan anak dalam
mengucapkan kata-kata, dan kemampuan anak dalam
mengekspresikan kata-kata. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak tiga siklus. Untuk setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah
penelitian tindakan kelas dilakukan sampai siklus III, diperoleh
hasil bahwa kemampuan anak menyimak kata-kata
berkembang sesuai harapan 33%, berkembang sangat baik
66,66%. Kemampuan anak mengucapkan kata-kata
berkembang sesuai harapan 33,33%, berkembang sangat baik
46,66%. Kemampuan anak mengekspresikan kata-kata
berkembang sesuai harapan sebesar 40%, berkembang
sangat baik 46,66%. Total ketuntasan belajar anak sebesar
88,88%, hal ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan pra
siklus 33,33%, Siklus I 46,66% dan siklus II 66,66%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa, kemampuan mengenal
kata-kata anak dapat meningkat setelah dilaksanakan proses
pembelajaran dengan mengggunakan metode bernyanyi
dengan tingkat ketuntasan sebesar 88,88%.

Published

2022-08-16