Keterampilan Berkomunikasi Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa di Kelas IX MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan

Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa di Kelas IX MTs Ali Imron Bandar Selamat Medan

Authors

  • Natri Andriani Alumni STAIS Al-Hikmah Medan, Jl. Ksatria Kelurahan Pahlawan, Medan

Abstract

Manusia mempunyai naluri untuk berkelompok atau
berkawan dengan manusia lain. Dalam kelompok tersebut
manusia dituntut dapat berkomunikasi dengan orang lain agar
tidak terisolasi dari pergaulan dilingkungannya. Komunikasi
antarpribadi yang baik dalam lingkungan sekolah siswa
berperan besar dalam membantu optimalisasi potensi siswa,
dan dapat digunakan sebagai sarana dalam membantu siswa
mengatasi permasalahan yang muncul yang mengganggu
kehidupan efektif sehari-harinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok di sekolah, untuk memahami
hambatan-hambatan dalam komunikasi antarpribadi dan
mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam
meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa mTs Ali
Imron Bandar Selamat Medan.
Adapun sebagai subjek dalam penelitian ini adalah
siswa MTs Ali Imron Bandra Selamat Medan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kualitatif yaitu meneliti keefektifan layanan
bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan
berkomunikasi siswa MTs Ali Imron Bandra Selamat Medan.
Setelah melakukan penelitian tentang komunikasi
antarpribadi siswa bahwa Untuk mengatasi berbagai masalah
pada diri siswa terutama permasalahan komunikasi
antarpribadi siswa dapat dilakukan dengan melaksanakan
layanan bimbingan kelompok. dengan bimbingan kelompok
siswa dapat saling berinteraksi dengan teman-temannya,
untuk melatih kemampuan komunikasi antarpribadi mereka
sehingga komunikasi antarpribadinya menjadi efektif dan dapat
bermanfaat bagi dirinya.

Published

2022-08-16