Komunikasi Interprsonal Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Mas PAB 1 Sampali

Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Mas PAB 1 Sampali

Authors

  • Satrizal Satrizal Alumni STAIS Al-Hikmah Medan, Jl. Ksatria Kelurahan Pahlawan, Medan

Keywords:

Bimbingan kelompok, komunikasi interpersonal

Abstract

Manusia mempunyai naluri untuk berkelompok atau
berkawan dengan manusia lain. Dalam kelompok tersebut
manusia dituntut dapat berkomunikasi dengan orang lain agar
tidak terisolasi dari pergaulan dilingkungannya. Komunikasi
antarpribadi yang baik dalam lingkungan sekolah siswa
berperan besar dalam membantu optimalisasi potensi siswa,
dan dapat digunakan sebagai sarana dalam membantu siswa
mengatasi permasalahan yang muncul yang mengganggu
kehidupan efektif sehari-harinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok di sekolah, untuk memahami
hambatan-hambatan dalam komunikasi antarpribadi dan
mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam
meningkatkan prilaku komunikasi antarpribadi siswa MAS PAB
1 Sampali.
Adapun sebagai subjek dalam penelitian ini adalah
siswa MAS PAB 1 Sampali. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif yaitu meneliti keefektifan layanan
bimbingan kelompok dalam meningkatkan prilaku komunikasi
antarpribadi siswa MAS PAB 1 Sampali.
Setelah melakukan penelitian tentang komunikasi
antarpribadi siswa bahwa Untuk mengatasi berbagai masalah
pada diri siswa terutama permasalahan komunikasi
antarpribadi siswa dapat dilakukan dengan melaksanakan
layanan bimbingan kelompok. dengan bimbingan kelompok
siswa dapat saling berinteraksi dengan teman-temannya,
untuk melatih kemampuan komunikasi antarpribadi mereka
sehingga komunikasi antarpribadinya menjadi efektif dan dapat
bermanfaat bagi dirinya.

Published

2022-08-16