STRATEGI EKONOMI PEMBANGUNAN PARAWISATA DI WILAYAH MAYORITAS MUSLIM UNTUK PARAWISATA BERKELANJUTAN

Penulis

  • feby nabila feby nabila Universitas Negeri Islam Sumatera Utara

Kata Kunci:

ekonomi pariwisata, pariwisata konsep islami, strategi ekonomi pembangunan

Abstrak

Pariwisata telah menjadi kontributor signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi

dan pembangunan di banyak negara. Namun, penting untuk memastikan bahwa

pembangunan pariwisata berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek budaya,

sosial, dan lingkungan di destinasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk

mengeksplorasi strategi ekonomi yang diterapkan di wilayah mayoritas Muslim

untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan. Metode penelitian yang

digunakan adalah meta-etnografi, yang melibatkan analisis data penelitian

pariwisata di Indonesia antara tahun 2014 hingga 2022.

Penelitian ini mengidentifikasi beberapa strategi ekonomi penting, termasuk

identifikasi dan pengembangan daya tarik wisata yang menarik bagi wisatawan

Muslim, aksesibilitas dan keamanan menuju lokasi wisata, perawatan dan

pemeliharaan daya tarik wisatawan, promosi efektif, dan penyediaan sarana ibadah.

Hasil penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya memperhatikan nilai-nilai dan

kepekaan budaya Muslim setempat dalam mengembangkan pariwisata

berkelanjutan. Pengembangan ekonomi pariwisata dalam Namun, di balik

kemudahan dan peluang yang ditawarkan, konteks mayoritas Muslim mencakup

aspek etika, moralitas, dan nilai-nilai yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman baru tentang

strategi pembangunan ekonomi pariwisata di wilayah mayoritas Muslim.

Diterbitkan

2023-06-14