PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI ROHIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BRANDAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v4i2.501Abstrak
Salah satu organisasi yang menitikberatkan pada Pendidikan Agama Islam adalah organisasi Kerohanian Islam (rohis), mempunyai tujuan untuk pembinaan diri dan pengembangan potensi diri yang berkenaan dengan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Brandan Barat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi. Responden pada penelitian ini adalah siswa yang mengikuti organisasi Rohis di SMA Negeri 1 Brandan Barat dengan sampel 54 siswa. Pengolahan data menggunakan microsoft office excel dan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menjelaskan Keaktifan berorganisasi Rohis di SMA Negeri 1 Brandan Barat dapat dikategorikan “Tinggi” dengan poin-poin pendukung sebagai berikut: Kehadiran rata-rata anggota dalam kegiatan mencapai 80–90%, baik dalam kegiatan mingguan maupun acara besar. Partisipasi aktif hampir di seluruh kegiatan, menunjukkan semangat dan dedikasi yang tinggi. Pengurus Rohis sangat proaktif dan kreatif dalam menjalankan tugasnya serta menciptakan kegiatan baru. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Brandan Barat berada pada kategori cukup tinggi dengan poin-poin pendukung sebagai berikut: Tingkat kehadiran siswa dalam kelas PAI mencapai 90%, menunjukkan komitmen terhadap pembelajaran. Partisipasi aktif siswa dalam diskusi dan tugas kelompok berada pada kisaran 65–70%, menunjukkan minat yang baik terhadap materi. Guru PAI mencatat bahwa siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, terutama yang aktif di Rohis.. Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan berorganisasi rohis terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Brandan Barat, hasil ini diperoleh melalui uji hipotesis yaitu uji t yang menunjukkan nilai thitung variabel Keaktifan berorganisasi rohis sebesar 6,240 dengan nilai signifikasi 0,000 karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (6,240 > 2,00665) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y, besarnya hubungan yang ditimbulkan yaitu 42,8% dan hubungan yang ditimbulkan positif atau sejalan
Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi Rohis, Motivasi Belajar, PAI.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.