PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI RA BAITULIBADAH KELURAHAN SUKA RAMAI KECAMATAN BINJAI BARAT KOTA BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v1i1.2Abstrak
Pembentukan karakter pada anak usia dini dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di dalam diri anak adalah suatu hal yang sangat penting. Maka dari itu, sebagai orangtua dan pendidik janganlah mematikan potensi dan kreativitas anak disebabkan karena ketidaktahuan mereka. Agar masalah pembentukan karakter tersebut dapat teratasi maka guru harus menggunakan metode story telling tentang karakter kepada peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama penggunaan metode story telling pada anak usia dinikelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Kedua, Pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Ketiga, pengaruh metode story telling terhadap pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa RA Baitul Ibadah kelompok B Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini adalah 60 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Storry telling (X) dan pembentukan karakter sebagai variabel (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Metode story telling di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 72,30 %. Kedua, Pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 68,33 %. Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode story telling dengan pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) yang menunjukkan tingkat korelasi antara variabel X (metode story telling) dan variabel Y (pembentukan karakter anak usia dini kelompok B sebesar r = 0,51 dengan tingkat korelasi tinggi. Dari nilai Z hitung yaitu 3,91 dan Z tabel yaitu 1,64 maka diperoleh nilai Z hitung >Z tabel (3,91> 1,64), maka H0 ditolak atau Ha diterima yang dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode story telling dengan pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai.