IDENTIFIKASI FAKTOR KESULITAN BELAJAR ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI AUTIS SUMATERA UTARA
Keywords:
Kesulitan belajar, siswa tunarungu, SLB Negeri Autis, akademik, non-akademik, bahasa isyarat, strategi pembelajaran, pendidikan anak berkebutuhan khusus.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa tunarungu di SLB Negeri Autis Sumatera Utara, dengan fokus pada aspek akademik dan non-akademik. Siswa tunarungu menghadapi tantangan besar dalam aspek komunikasi dan pembelajaran karena gangguan pendengaran yang mereka alami. Dalam penelitian ini, dua siswa tunarungu yang duduk di bangku sekolah dasar, DAY dan ATM, menjadi objek studi. Melalui asesmen akademik dan non-akademik, ditemukan bahwa DAY masih memerlukan bimbingan dalam kemampuan membaca dan berhitung, sedangkan ATM menunjukkan perkembangan yang sangat baik dalam aspek akademik dan non-akademik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa tunarungu di antaranya adalah keterbatasan dalam kemampuan komunikasi menggunakan bahasa isyarat, perbedaan dalam perkembangan motorik dan sosial-emosional, serta kebutuhan untuk pendekatan pendidikan yang lebih sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa. Hasil penelitian ini memberikan dasar untuk merumuskan strategi pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa tunarungu, agar dapat mendukung perkembangan mereka secara optimal.