https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jamis/issue/feed Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial 2024-06-10T21:24:35+07:00 M. Kaulan Karima jurnaljamis@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun (April, Agustus, dan Desember)</p> https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jamis/article/view/383 NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK MENURUT PANDANGAN BUYA HAMKA 2024-06-10T20:34:52+07:00 Amiruddin MS amiruddin@umsu.ac.id <p>Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di pondok pesantren Tasawuf dan Tahfizul Quran Baitul Mustaghfirin Desa Bandar Klippa yang bertujuan terbentuknya karakter santri dengan menyampaikan dan menanamkan nilai-nilai akhlak kepada santri menurut pandangan Buya Hamka selanjutnya dilakukan evaluasi sikap dan tanggapan santri dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, intrumen pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari pengabdian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Buya Hamka, menurutnya adab terbagi kepada dua aspek yaitu adab kepada Allah dan adab kepada makhluk. <em>Pertama, </em>Adab kepada Allah adalah Takwa, sedangkan unsur takwa adalah <em>Raja’</em> (pengharapan), <em>Khauf </em>(takut azab, sisksa, dan kemurkaan-Nya). <em>Syukur</em> (memuji Allah dan berterima kasih kepada-Nya) <em>Tawakkal</em> bersungguh-sungguh lalu menyerahkan keputusan kepada Allah), <em>Tafakkur</em> (memandangi kebesaran Allah dan kelemahan diri sendiri). <em>Kedua, </em>adab kepada makhluk, terdiri dari adab kesopanan kepada rasulullah, orang tua, diri sendiri, masyarakat, dan kesopanan dalam majelis ilmu. Setelah mengikuti kegiatan ini para santri sangat senang dikarekan bertambahnya pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari dalam menghadapi tantangan dan masalah kehidupan saat ini dan masa akan datang.</p> 2024-06-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jamis/article/view/381 IDENTIFIKASI MASALAH ANAK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSTRUMENTASI DI DESA PRAPAT JANJI 2024-06-10T20:25:03+07:00 Ahmad Syarqawi ahmadsyarqawi@uinsu.ac.id Mustafa Habib habib@gmail.com <p>Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan kolaborasi mahasiswa dan dosen yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman nyata, begitu pula bagi dosen pembimbing dalam pengabdiannya memberikan layanan konseling di luar sekolah atau di masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan pula untuk mengindentifikasi masalah yang dialami oleh anak di desa Prapat Janji menggunakan aplikasi instrument&nbsp; Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum Format 2: SLTP. Selanjutnya diadministrasikan kepada lima orang anak. hasil dari pengabdian ini adalah masalah yang paling banyak dialami oleh anak di desa Prapat Janji adalah dalam bidang hubungan sosial (HBO) yaitu 73 pilihan, dan masalah paling sedikit adalah bidang keadaan diri pribadi (KDP) yaitu 5 pilihan. Sedangkan masalah paling berat yang dihadapi adalah bidang hubungan sosial (HBO) yaitu 22 pilihan, dan bidang jasmani dan kesehatan (JDK) yaitu 16 pilihan.</p> 2024-06-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jamis/article/view/378 LATIHAN KEPEMIMPINAN BAGI PEMUDA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER 2024-06-10T17:57:30+07:00 Gumarpi Rahis Pasaribu gumarpi_rahis@stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id <p>Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan kolaborasi mahasiswa dan dosen yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman nyata, begitu pula bagi dosen pembimbing dalam pengabdiannya memberikan layanan konseling di luar sekolah atau di masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan pula untuk mengindentifikasi masalah yang dialami oleh anak di desa Prapat Janji menggunakan aplikasi instrument&nbsp; Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum Format 2: SLTP. Selanjutnya diadministrasikan kepada lima orang anak. hasil dari pengabdian ini adalah masalah yang paling banyak dialami oleh anak di desa Prapat Janji adalah dalam bidang hubungan sosial (HBO) yaitu 73 pilihan, dan masalah paling sedikit adalah bidang keadaan diri pribadi (KDP) yaitu 5 pilihan. Sedangkan masalah paling berat yang dihadapi adalah bidang hubungan sosial (HBO) yaitu 22 pilihan, dan bidang jasmani dan kesehatan (JDK) yaitu 16 pilihan.</p> 2024-06-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jamis/article/view/382 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENDIDIK ANAK PADA ALQURAN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 2024-06-10T20:32:28+07:00 Satriyadi satriyadi@gmail.com Toni Nasution toninasution@gmail.com <p>Alquran merupakan sumber otoritas tertinggi didalam Islam dan sebagai sumber yang bersifat fundamental bagi akidah, etika, ibadah dan hukum. Didalam Alquran tidak hanya mengajarkan untuk beribadah kepada Allah saja tetapi juga berhubungan baik dengan manusia termasuk dalam hal mendidik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep pendidikan Islam tentang cara mendidik anak Islam yang terdapat pada Quran Surah Luqman ayat 12-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kepustakaan <em>(library research</em>) menganalisis konten dengan pendekatan tafsir tahlili sebagai objek kajian adalah Surah Luqman ayat 12- 19, yaitu dengan menjelaskan makna lafadznya, kemudian menjelaskan isi kandungannya. Hasil penelitian didapati dalam Surat Luqman ayat 12-19 bahwa cara konsep pendidikan dalam mendidik anak yang terdapat dalam Alquran surat Luqman ayat 12-19 adalah dengan mengajarkan konsep pendidikan akidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan ibadah, serta mengajarkan dengan mengandalkan nasehat-nasehat dan kata-kata bijak.</p> 2024-06-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial https://jurnal.insanciptamedan.or.id/index.php/jamis/article/view/380 EFEKTIFITAS WORKSHOP PENULISAN JURNAL ILMIAH BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA 2024-06-10T20:20:54+07:00 Ahmad Taufik Al Afkary Siahaan ahmadtaufiqalafkary@uinsu.ac.id <p>Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan kolaborasi mahasiswa dan dosen yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman nyata, begitu pula bagi dosen pembimbing dalam pengabdiannya memberikan layanan konseling di luar sekolah atau di masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan pula untuk mengindentifikasi masalah yang dialami oleh anak di desa Prapat Janji menggunakan aplikasi instrument&nbsp; Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum Format 2: SLTP. Selanjutnya diadministrasikan kepada lima orang anak. hasil dari pengabdian ini adalah masalah yang paling banyak dialami oleh anak di desa Prapat Janji adalah dalam bidang hubungan sosial (HBO) yaitu 73 pilihan, dan masalah paling sedikit adalah bidang keadaan diri pribadi (KDP) yaitu 5 pilihan. Sedangkan masalah paling berat yang dihadapi adalah bidang hubungan sosial (HBO) yaitu 22 pilihan, dan bidang jasmani dan kesehatan (JDK) yaitu 16 pilihan.</p> 2024-06-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial