UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA
Keywords:
Bullying, Peran Orang Tua, Sekolah DasarAbstract
Bullying di lingkungan sekolah dasar merupakan permasalahan serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan emosional, sosial, dan akademik anak. Upaya pencegahan perilaku bullying memerlukan pendekatan holistik, salah satunya melalui optimalisasi peran orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mencegah perilaku bullying pada anak sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan pendekatan deskriptif-analitis, mengintegrasikan berbagai studi terkait pengaruh keterlibatan orang tua terhadap perilaku anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak, pengawasan yang konsisten, pemberian pendidikan nilai-nilai moral, serta kolaborasi dengan pihak sekolah merupakan langkah strategis dalam mencegah perilaku bullying. Selain itu, kesadaran orang tua terhadap pentingnya peran mereka sebagai model perilaku positif dapat mengurangi risiko anak terlibat dalam tindakan bullying.