UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA MELALUI APLIKASI CAP CUT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG TUALANG
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v4i1.456Keywords:
Kemampuan, Metakognitif, Aplikasi Cap CutAbstract
Pemanfaatan media video visual dapat menjadi momentum bagi guru untuk mendidik dan mengajarkan siswa agar memiliki kreativitas yang tinggi dibidang editing secara audio maupun visual yakni dengan memberikan tugas belajar kepada siswa dengan membuat video kreatif sesuai dengan materi yang dipelajari menggunakan aplikasi yang tersedia di Smart Phone yaitu salah satunya adalah aplikasi cap cut. Pemanaatan media tersebut dapat menjadi solusi bagi guru untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa yang diketahui pada pre tes awal pada tingkat yang rendah. Penggunaan metode penelitian tindakan kelas didalam penelitian ini dapat menjadi solusi untuk memberikan intervensi tindakan pada siswa melalui media aplikasi cap cut. Pada pre test awal diketahui nilai ketuntasan siswa pada persentase 68,54% dan setelah diberlakukan intervensi tindakan pada siklus pertama persentase nilai ketuntasan siswa yaitu 73,96. Kemudian pada siklus kedua nila ketuntasan siswa mencapai 89.66 % sehingga menjelaskan bahwasanya penggunaan aplikasi cap cut dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa secara maksimal.