PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENCEGAHAN BULLYING PADA SISWA SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA

Authors

  • Sri Astuti STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Muhammad Saleh STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Diani Syahfitri STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

DOI:

https://doi.org/10.61721/educandumedia.v4i1.455

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Tanjung Pura, pencegahan bullying pada siswa SMK Negeri 1 Tanjung Pura, peran guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan bullying pada siswa SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan. Sedangkan  pengecekan  keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi  teknik), perpanjangan penelitian, dan ketekunan pengamatan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) peran guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Tanjung Pura seperti mendidik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi afektif, potensi kognitif, maupun potensi psikomotorik, membimbing akhlak siswa agar mereka memiliki akhlak yang baik serta mengamalkan ajaran agama dan guru menjadi teladan panutan siswa dalam menjalani kehidupan beragama dan berperilaku. (2) Pencegahan bullying pada siswa SMK Negeri 1 Tanjung Pura dilakukan dengan program sekolah seperti sosialisasi rutin melalui seminar, lokakarya, dan diskusi yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua, edukasi tentang bullying kepada siswa, dan menciptakan lingkungan yang aman, (3). Peran guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan bullying pada siswa SMK Negeri 1 Tanjung Pura dengan menanamkan nilai-nilai agama Islam pada siswa, MenyamPAIkan pesan anti-bullying dalam pembelajaran agama Islam,  menciptakan lingkungan sekolah yang lebih inklusif dan harmonis dalam pembelajaran, dan guru  menjadi teladan bagi siswa dalam beragama dan berperilaku.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles