PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X MAN 2 LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v4i1.454Keywords:
Kecerdasan Interpersonal, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh kecerdasan interpersonal siswa pada pembelajaran akidah akhlak, serta mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 393 dengan pendapat Arikunto 15% maka sampel yang digunakan 59 siswa. Analisis data dalam penelitian ini berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hipotesis dalam penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penlitian ini berupa data dari hasil angket kemudian uji reliabelitas dengan nilai cronbach’s alpha yaitu kecerdasan interpersonal 0,756 > 0,60, dan 0,703 > 0,60 dari prestasi belajar yang memiliki arti keduanya bersifat reliabel. Hasil data uji normalitas kolmogorov-smirnov menunjukan 0,200 > 0,05 yang berdistribusi normal. Uji linieritas pada penelitian ini menggunakan test for liniearity yang menunjukkan 0,546 > 0,05 yang berarti bersifat linier. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan nilai sig 0,028 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X MAN 2 Langkat