PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DIGITAL DALAM PELAKSANAAN P5 KELAS X DI SMAN 1 GEBANG
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v4i1.452Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) Berbasis Digital di SMAN 1 Gebang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan teknologi berbasis digital di SMAN 1 Gebang harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan guru agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif. 2) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Pelaksanaan P5 di SMAN 1 Gebang menggunakan sistem blok yaitu tiap 3 bulan 1 kali sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. 3) Mengetahui Tingkat keberhasilan seorang guru di dalam proses pembelajaran dan penguasaan teknologi adalah melalui sebuah proses evaluasi. Tujuan evaluasi ada dua yaitu, pertama untuk mengetahui kedudukan peserta didik dalam kelompoknya, kedua mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik. Evaluasi merupakan tolok ukur untuk melihat keefektivan sebuah pembelajaran yang telah diberikan kepada peserta didik. Dalam hal ini, guru sangat berperan besar untuk melalukan evaluasi atau bisa di sebut juga dengan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran apalagi menggunakan teknologi