KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH SISWA DI MAN 2 DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v4i1.450Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode pengajaran bahasa Arab di madrasah serta tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan berbagai aspek bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan satu guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang, yang dipilih berdasarkan ketersediaannya saat penelitian berlangsung. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengeksplorasi metode pengajaran kreatif serta tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa para guru menerapkan berbagai metode kreatif, seperti menghubungkan materi dengan praktik keagamaan, menggunakan media visual dan audio-visual, serta mengacu pada teks Al-Qur'an untuk menjelaskan kaidah tata bahasa. Metode yang digunakan meliputi demonstrasi, kontekstual, dan praktik langsung, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Namun, masih ada tantangan dalam pengajaran bahasa Arab di madrasah, terutama terkait dengan rendahnya minat siswa dan terbatasnya penggunaan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan metode pengajaran bahasa Arab yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Pembelajaran Bahasa Arab, Tantangan
ABSTRACT
This study aims to evaluate the application of Arabic teaching methods in madrasas as well as the challenges faced by teachers in teaching various aspects of Arabic. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection through in-depth interviews with one Arabic teacher at Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang, which was selected based on its availability during the study. The data was analyzed using a thematic approach to explore creative teaching methods as well as the challenges faced in the learning process. The findings of the study show that teachers apply various creative methods, such as connecting the material with religious practices, using visual and audio-visual media, and referring to the text of the Qur'an to explain the rules of grammar. The methods used include demonstration, contextual, and hands-on practice, which aim to improve students' understanding and skills. However, there are still challenges in teaching Arabic in madrasas, especially related to the low interest of students and the limited use of Arabic in daily life. This research is expected to contribute to the development of more effective and attractive Arabic teaching methods for students.
Keywords: Teacher Creativity, Arabic Language Learning, Challenges