PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 HINAI
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v3i3.448Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam modul ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Hinai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Sedangkan objek penelitian ini yaitu modul ajar pendidikan agama Islam di Smp Negeri 3 Hinai khususnya pada siswa kelas VII semester ganjil. Adapun teknhik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclustion drawing/verivication (kesimpulan, penarikan atau verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Konsep dasar moderasi beragama yang termuat dalam modul ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu nilai keadilan, nilai toleransi dan kesimbangan; 2) Muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam modul ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat pada 5 bab yang disajikan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Kurikulum Merdeka serta 3) Penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam modul ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Hinai disesuaikan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII kurikulum merdeka ini memuat nilai-nilai moderasi beragama yang disampaikan secara langsung maupun tersirat.