STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL’ALAMIIN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs NEGERI 3 LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v3i3.447Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamiin pada mata pelajaran akidah akhlak kelas vii di mts negeri 3 langkat. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian yaitu: Bagaimana strategi Guru akidah akhlak kelas VII di MTs Negeri 3 Langkat dalam pembentukan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamiin. Bagaimana pembentukan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamiin di MTs Negeri 3 Langkat. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membentuk Profil pelajar pancasila Rahmatan lil’alamiin pada peserta didik di MTs Negeri 3 Langkat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pendekatan melalui metode kualitatif. Tujuannya adalah untuk mengetahui Strategi Guru Dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’Alamiin Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Negeri 3 Langkat.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi pembentukan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamiin adalah langkah yang diambil dengan perencanaan untuk memberikan pembentukan karakter peserta didik, hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagai pengembangan karakter peserta didik di lingkungan sekolah, yaitu membekali peserta didik dengan pola pikir, sikap dan perilaku yang menggambarkan nilai-nilai pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn yang cinta tanah air Indonesia. Profil pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn menjadi salah satu strategi pendidikan agama di zaman sekarang yang dapat dikembangkan dan dilakukan sebagai ciri khas kompetensi keagamaan di madrasah. profil pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn di sekolah dapat diterapkan dengan berbagai cara yang membutuhkan kerja sama seluruh warga sekolah melalui kokurikuler, terpadu atau terintegrasi dan ekstrakurikuler. 2) Pembentukan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamiin di MTs Negeri 3 Langkat melalui 3 cara yang pertama kokurikuler. Kegiatan kokurikuler dalam penguatan profil pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn yang berbentuk projek atau program kegiatan dapat berjalan secara bersamaan dan dapat diintegrasikan dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Pembentukan profil pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn yang kedua dilaksanakan melalui strategi terpadu atau terintegrasi dalam penguatan profil pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn ini diintegrasikan melalui pembelajaran. Pembentukan profil pelajar pancasila rahmatan lil’alamiin di MTs Negeri 3 Langkat yang ketiga yaitu melalui kegiatan ekstrakulikuler menjadi tambahan waktu bagi guru untuk menanamkan nilai-nilai profil pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn di luar jam pembelajaran. 3) Adapun strategi yang dilakukan guru akidah akhlak dalam pembentukan profil pelajar pancasila rahmatan lil ‘ālamīn untuk peserta didik kelas VII yaitu melalui kokurikuler dipraktikkan dengan pelaksanaan projek pengelolaan sampah dan projek pemilihan ketua osis. Selain itu, juga dapat melalui pembiasaan keagamaan serta peringatan isra mikraj. Kemudian melalui strategi terpadu atau terintegrasi dalam proses pembelajaran terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada tahap perencanaan, guru merencanakan penrapan nilai-nilai profil pelajar raḥmatan lil ‘ālamīn yang tersusun dalam modul ajar.