Efektivitas Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Di Madrassah Aliyah Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak Tanjung Pura.

Authors

  • Nurmisda Ramayani STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat Sumatera Utara
  • Novira Arafah STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Siti Aisyah STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura
  • Saleha STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

DOI:

https://doi.org/10.61721/educandumedia.v3i3.446

Abstract

Efektivitas memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Efektivitas dalam konteks ini mengacu pada tingkat pencapaian yang menunjukkan keberhasilan. Tentu saja penerapan kurikulum merdeka ini tidak akan serta merta berjalan mulus karena masih tergolong baru dan memerlukan beberapa pedoman atau arahan serta persiapan dari guru dan sekolah. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui sejauh mana dan apakah penerapan kurikulum merdeka yang diterapkan pada saat proses pembelajaran sudah efektif di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah kurikulum ini membawa dampak yang bervariasi tergantung pada penerapan di setiap sekolah dan keahlian masing-masing pendidik, hasil belajar dan partisipasi siswa terlihat mengalami peningkatan positif pada sebagian besar kasus. Dengan memahami efektivitas kurikulum ini, upaya dapat dilakukan untuk terus meningkatkan dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran guna mencapai hasil yang lebih baik bagi siswa di tingkat sekolah menengah

Downloads

Published

2024-12-25