Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Babalan
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v3i3.445Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kenakalan siswa yang terjadi di SMP Negeri 1 Babalan, faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa serta startegi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Babalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 1 Babalan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), perpanjangan penelitian, dan ketekunan pengamatan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk kenakalan siswa ialah membolos, terlamabt, mengkatifkan Hp Ketika jam Pelajaran berlangsung dan Perilaku tidak baik di lingkangan sekolah (merokok, berkelahi, baju di keluarkan, berkata tidak sopan). (2)Faktor penghambat dating dari teman sebayanya, dan melawan ketika di tegur dan Pendukung guru menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, Pembiasaan terhadap siswa, memberikan nasehat yang bersifat mendidik, menjadi suritauladan yang baik bagi siswa, menambahkan kegiatan religius di lembaga Pendidikan. (3)Strategi guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa Preventif sekolah dengan cara memberikan teguran secara baik ketika siswa melakukan kenakalan, Represif sekolah dengan memberikan teguran, memberikan hukuman, panggilan kepada siswa yang melakukan pelanggaran, dan memberikan bimbingan konseling. Kuratif sekolah dengan menjalin kerjasama dengan orangtua siswa, kunjungan kerumah siswa yang melakukan pelanggaran.