FILSAFAT ILMU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRAKTIK ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Keywords:
Administrasi Pendidikan, Filsafat IlmuAbstract
Administrasi adalah suatu sistem yang diciptakan untuk mempermudah sistem kerja dalam suatu organisasi dan menjadikan proses pelaksanaannya efektif dan efisien. Artikel ini menguraikan bagaimana proses pelaksanaan administrasi dalam bidang pendidikan khususnya praktik administrasi pendidikan ditinjau dari filsafat ilmu. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dalam menggali dan mengumpulkan data. Data dalam artikel ini diperoleh melalui jurnal-jurnal ilmiah, artikel hasil penelitian, dan buku-buku yang relevan dengan filsafat ilmu dan implikasinya terhadap praktik administrasi pendidikan. Hasil pencarian dan studi pustaka menunjukan bahwa filsafat ilmu dalam praktik administrasi pendidikan memberikan gambaran apa sebenarnya pendidikan itu, apa tujuannya, bagaimana pengetahuan diperoleh dan dikembangkan, serta memberikan penerapan nilai-nilai yang ada pada administrasi pendidikan. Administrasi pendidikan memiliki delapan unsur yang menjadi bidang garapan administrasi pendidikan di tingkat sekolah dimana tiga unsur utama dalam administrasi pendidikan, yaitu: peserta didik, pendidik, dan kurikulum menjadi inti administrasi pendidikan yang didukung oleh lima unsur lainnya, yaitu: organisasi, finansial, sarana dan prasarana, tata usaha, dan kehumasan.