SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI INDONESIA

Authors

  • Ade Erma Agustina Universitas Lampung
  • Dina Rahmawati
  • Marsasanda Andarin

Keywords:

Filsafat Ilmu, Kurikulum Merdeka, Literature Review, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan, indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran filsafat ilmu dalam pengembangan Kurikulum Merdeka di Indonesia melalui pendekatan literature review. Kurikulum Merdeka menekankan fleksibilitas dan kebebasan dalam proses pendidikan, di mana sekolah dan guru memiliki otonomi lebih besar untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan konteks lokal dan kebutuhan peserta didik. Kajian ini menyoroti berbagai teori dan pendekatan filsafat ilmu yang berpengaruh dalam pengembangan kurikulum, termasuk rasionalisme, empirisme, pragmatisme, dan konstruktivisme. Dalam literature review ini, dijelaskan bagaimana filsafat ilmu memberikan kerangka konseptual bagi penyusunan kurikulum yang adaptif dan dinamis, serta bagaimana penerapan teori-teori ini mempengaruhi praktik pendidikan di Indonesia. Analisis literatur menunjukkan bahwa penggunaan filsafat ilmu dalam Kurikulum Merdeka memungkinkan proses pendidikan yang lebih holistik, di mana peserta didik didorong untuk berpikir kritis, kreatif, dan mandiri. Selain itu, literature review ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum Merdeka, termasuk resistensi terhadap perubahan kurikulum, kesiapan guru, dan dukungan infrastruktur pendidikan. Hasil dari kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya landasan filsafat ilmu dalam pengembangan kurikulum, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Kata Kunci: Filsafat Ilmu, Kurikulum Merdeka, Literature Review, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan, Indonesia.

Downloads

Published

2024-12-07