PRINSIP-PRINSIP FILSAFAT ILMU DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kurikulum Merdeka, filsafat ilmu, pendidikan dasarAbstract
Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah dasar menuntut pemahaman mendalam tentang filsafat ilmu untuk menciptakan pembelajaran yang relevan, adaptif, dan kritis. Kajian literatur ini mengidentifikasi dan mengkaji prinsip-prinsip utama filsafat ilmu dalam konteks penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat pendidikan dasar. Dengan menganalisis 20 jurnal terpilih, artikel ini mengeksplorasi pendekatan epistemologis, ontologis, dan aksiologis dalam filsafat ilmu yang mendasari pelaksanaan kurikulum ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip filsafat ilmu dapat membantu dalam membangun kemampuan berpikir kritis, kebebasan akademis, dan pemahaman yang lebih mendalam bagi siswa. Artikel ini memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan tujuan Kurikulum Merdeka.