PENERAPAN METODE AL-HIRA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADIS DI KELAS VIIII MTs TARBIYAH WALADYAH PULAU BANYAK
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v1i1.4Abstract
Penelitian ini menerapkan Metode Al-Hira’ untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan untuk meningkatkannya dengan menggunakan metode Al-Hira’. Sebelum menerapkan metode Al-Hira’, bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa masih dikategorikan kurang mampu, yang meliputi kurang mampu mengenali huruf hijaiyah serta kemampuan menyambung bacaan-bacaan huruf hijaiyah. Hal ini hasil dari wawancara, observasi dan pada pre test siswa yang tuntas berjumlah 16 orang dengan ketuntasan klasikalnya 42,10% dan siswa yang tidak tuntas berjumla 22 orang ketuntasan klasikalnya 57,89%, dengan rata-rata kelas 64,73. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi disetiap akhir siklusnya untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VIII dengan menggunakan metode Al-Hira’. Setelah data penelitian dikumpulkan dan dianalisis. Pada siklus I berjumlah 24 orang yang tuntas dengan presentase 63,15%, dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 14 orang dengan presentase 36,84%. Dengan nilai rata-rata kelas 73,68. Sedangkan pada siklus II diketahui berjumlah 32 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikalnya 84,21%, dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 6 orang dengan ketuntasan klasikalnya 15,78%. Dengan nilai rata-rata kelas 82,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 20,78%. Dengan demikian, berdasarkan hasil ketuntasan klasikal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Al-Hira’ dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswapada mata pelajaran Al-Qu’an Hadis di kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak sebesar 80%.