PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS III UPT SD NEGERI 068426 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.61721/educandumedia.v3i2.396Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perubahan wujud zat dengan menggunakan metode eksperimen. Pendekatan ini dipilih karena selama ini pembelajaran IPA masih menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa di kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah peserta didik kelas III SD Negeri 068426 Medan sebanyak 28 orang yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dengan instrumen penilaian hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada Siklus I dan Siklus II masing-masing sebesar 67,86 dan 72,39 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64,29% pada Siklus I dan 89,29% pada Siklus II. Persentase peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran eksperimen di kelas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman siswa terhadap materi pokok perubahan wujud zat di kelas III SD Negeri 068426 Medan.