PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 PESISIR SELATAN

Authors

  • Suryadi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Mori Dianto Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Citra Imelda Usman Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Keterampilan, Membaca

Abstract

Keterampilan membaca adalah aktifitas yang kompleks yang melibatkan berbagai faktor yang datangnya dari dalam diri pembaca dan faktor luar. Selain itu, keterampilan membaca juga dapat dikatakan sebagai jenis kemampuan manusia sebagai produk belajar dari lingkungan, dan bukan kemampuan yang bersifat instingtif, atau naluri yang dibawa sejak lahir. Oleh karena itu, proses membaca yang dilakukan oleh seorang yang dapat membaca merupakan usaha mengolah dan menghasilkan sesuatu melalui penggunaan modal tertentu. Membaca adalah proses produksi yang menghasilkan pengetahuan, pengalaman, dan sikap-sikap baru. Seperti hukum yang berlaku dalam dunia usaha, semakin besar modal seseorang untuk berusaha, semakin besar pula kemungkinan hasilnya. Oleh karena itu, seperti halnya sebuah perusahaan yang menghasilkan sesuatu melalui proses mengolah. Membaca juga merupakan proses mengolah, yakni mengolah bacaan. Nah, untuk mengolah hal itu diperlukan modal tertentu. Secara garis besar, aktifitas membaca berkaitan dengan dua hal pokok, yaitu pembaca dan bahan bacaan. Situasi yang terlihat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pesisir Selatan masih ada peserta didik yang kesulitan dalam membaca dan kurang memiliki keterampilan dalam membaca sehingga berpengaruh terhadap pemahamannya dalam memamahi materi. Adapun permasalahan yang terlihat ialah rendahnya tingkat kecepatan dalam membaca, minimnya pemahaman yang diperoleh dalam membaca, kurangnya minat membaca, minimnya pengetahuan cara membaca yang efektif, tidak fokus dalam membaca.Berdasarkan fenomena itu maka perlu rasanya diberikan peningkatan keterampilan membaca pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pesisir Selatan agar peserta didik memiliki keterampilan dalam mebaca sehingga dapat menunjang proses belajar mengajar dan memiliki pengetahuan baru khususnya dalam membaca. Metode yang digunakan dalam PKM ini ialah 1). Penyampaian materi, 2). Tanya jawab dengan peserta kegiatan, 3). demonstrasi dalam mempraktikkan keterampilan membaca, 4). Penyampaian kesimpulan oleh peserta kegiatan.

 

Downloads

Published

2023-12-24