PENGARUH PRILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SENTRA GROSIR BARANG PECAH BELAH “SUMBER REZEKI” PASAR PANORAMA

Authors

  • Erwani Yusuf FKIP Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Herwan MDK
  • Vina Yunita

DOI:

https://doi.org/10.61721/educandumedia.v2i2.361

Keywords:

prilaku konsumen, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di sentra grosir barang pecah belah pasar panorama. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang berbelanja produk pecah belah di Toko Sumber Rezeki Pasar Panorama dengan sampel sebanyak 50 orang.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan rata-rata,analisis regresi linear sederhana,dan koefisien determinasi menggunakan spss versi 29. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  rata-rata dari prilaku konsumen di toko sumber rezeki sebesar 60,8 berada pada kategori baik dalam memilih dan mencari barang pecah belah dan rata-rata dari keputusan pembelian konsumen di toko sumber rezeki sebesar 42.88 berada pada kategori sangat setuju. Dan dari hasil analisa data, menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari prilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di sentra grosir barang pecah belah sumber rezeki pasar panorama. Besarnya nilai koefisien determinasi diperoleh hasil 0,256 atau 25,6%. Dengan artian bahwa besarnya pengaruh variabel prilaku konsumen terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 25,6%.

 

Downloads

Published

2023-12-12