PERSPEKTIF GURU HONORER PADA PENERIMAAN KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA

Authors

  • meirani FKIP Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ummi Kalsum
  • Sesi Armela

DOI:

https://doi.org/10.61721/educandumedia.v2i2.360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan kompensasi dan motivasi kerja pada tenaga honorer di SMA kabupaten Lebong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru honorer yang menerima kompensasi di SMA Kabupaten Lebong. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yang akan diteliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh/total. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan perhitungan rata-rata, regresi linier sederhana, uji linieritas regresi, dan uji determinasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pengaruh variable kompensasi (X) berpengaruh terhadap variable dependen yaitu motivasi kerja (Y), Penerimaan kompensasi di SMA Kabupaten Lebong didapatkan hasil rata-rata sebesar 46,5 dan termasuk kedalam kategori baik. Motivasi kerja tenaga honorer di SMA Kabupaten Lebong didapatkan hasil rata-rata sebesar 28,19 dan termasuk kategori sangat baik. Penerimaan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja tenaga honorer di SMA Kabupaten Lebong dengan hasil IMB SPSS yaitu Y = a+b.X, a = angka konstanta dari unstandardized coefficient nilainya sebesar 0, 017 dan b = angka koefisien regresi nilainya sebesar 0,605. Serta R square sebesar 0,999 yang berarti 99,9% di pengaruhi oleh kompensasi dan 1% di pengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2024-02-02 — Updated on 2023-12-20

Versions