PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT ALAT PERAGA PECAHAN DALAM BENDA KONKRET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL OLEH PESERTA DIDIK KELAS 3 SDN.014734 LABUHAN RUKU TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024

Authors

  • Hajijah SD Negeri 014734 Labuhan Ruku

DOI:

https://doi.org/10.61721/educandumedia.v2i2.270

Keywords:

matematika, model pembelajaran pjbl, alat peraga

Abstract

Pembelajaran Matematika sangat penting dalam segala aspek dan lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Oleh karena itu peserta didik perlu peningkatan pembelajaran matematika dalam latihan-latihan atau tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemapuan membuat alat peraga pecahan dalam bendan konkret dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) oleh peserta didik kelas 3 SD tahun pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas 3. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan membuat alat peraga pecehan dalam bendan konkret dengan menggunakan model pembelajaran pjbl mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (NIP. 74%), siklus III (NIP. 86%). Secara umum kesimpulan yang dapat diambil yaitu dengan peningkatan kemampuan membuat alat peraga pecahan dalam  benda konkret dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SDN.10 Labuhan Ruku. 

Downloads

Published

2023-12-07